Diferensiasi JKT48 di Dunia Hiburan Indonesia
Indonesia sedang dihujani Boys dan girls band yang mengadopsi konsep
boys dan girls band korea. Namun di tengah serbuah boys dan girls band
berkonsep korea, muncul sebuah grup JKT48. JKT48 merupakan satu-satunya
sister grup dari AKB48 di luar Jepang. Beranggotakan 28 remaja belasan
tahun membuat grup ini sangat menarik perhatian, 28 orang dalam satu
panggung. JKT48 pertama kali muncul dalam iklan pocari sweat. Muda,
energik dan menarik membuat kemunculan pertama mereka masuk jajaran
Treding Topic twitter. Tidak seperti boys dan girls band umumnya yang
membutuhkan mereka tidak sering mengumbar aksi panggung ke panggung
musik televisi seperti rekan boys dan girls band lain. Seakan bertahan
pelan-pelan menyebar misteri dan keingintahuan besar pecinta musik.
Tanpa banyak mengumbar kata di media, mereka bersiap dengan sebuah
konser bersama older sister mereka AKB48 dari Jepang. Konser yang
digelar 25 Februari 2012 lalu, sebanyak 3000 orang bernyanyi dan menari
bersama di Balai Kartini.
Tentu prestasi tersebut memunculkan kesimpulan mereka sukses dengan
diferensiasi. Menurut Phillip Kotler diferensiasi adalah tindakan
merancang set perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran sebuah
perusahaan dengan penawaran lain. Dalam hal grup JKT48 saya merasa
definisi diferensiasi Hermawan Kertajaya lebih terasa pas. Semua upaya
yang dilakukan untuk menciptakan perbedaan diantara pesaing dengan
tujuan memberikan nilai yang terbaik untuk konsumen atau pencinta music
Indonesia.
Mengutip dari situs mereka, disebutkan bahwa JKT48 seperti sister
grupnya AKB48 adalah wadah bagi perempuan Indonesia untuk mewujudkan
impian mereka. Bersama para penggemar, ingin membuat satu-satunya “Idola
orisinal Indonesia”. Seluruh anggota JKT48 akan menggapai tujuan
mereka menjadi idola sesungguhnya. dan untuk mencapainya, mereka akan
berdedikasi tinggi terhadap kegiatan mereka, tidak hanya menyanyi dan
menari, namun juga bakat atau penampilan lainnya. Konsep bersama dengan
penggemar dimaksudkan sang konseptor JKT48 sebagai komunitas penggemar
yang diajak untuk aktif mengikuti perkembangan idola mereka mencapai
impiannya serta menjalin hubungan erat. Mereka benar-benar menempatkan
penggemar sebagai bagian penting dalam meraih kesuksesan/
Dengan konsep yang menarik dan suara yang pantas JKT48 memenangkan
persaingan dengan diferensiasi. JKT48 berhasil merebut perhatian pecinta
musik dan meraih simpati yang berarti dengan keberhasilan konser mereka
25 februari 2012 lalu. Gaung bait lagu “I want you, I need you, I
love…” terdengar semakin keras di jagat hiburan Indonesia.
saya sangat senang dengan adanya komunitas ini... semoga komunitas ini bisa mempersatukan fans2 JKT48, untuk lebih serunya jika teman@ ingin membuat kaos atau jaket JKT48, bisa memesan ditempat kami, dijamin murah berkualitas. kunjungi www.nineteenshirt.com
BalasHapus